Info Terbaru 2022

Istilah Dan Jenis - Jenis Latihan Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya

Istilah Dan Jenis - Jenis Latihan Kebugaran Jasmani Beserta
Penjelasannya
Istilah Dan Jenis - Jenis Latihan Kebugaran Jasmani Beserta
Penjelasannya
Dalam dunia olahraga tentu kita sering mendengar istilah - istilah dan jenis latihan olahraga menyerupai push up, sit up, pull up, squat jump, speed, power, endurance, fartlex, vo2max dan lain sebagainya. Mungkin anda pernah bertanya tanya apa sih arti dari yang di sebutkan diatas.

Nah, untuk menjawab aneka pertanyaan diatas, sengaja kali ini admin .com akan coba membagikan istilah - istilah yang di pakai dalam dumia olahraga khususnya yang menyangkut dengan kebugaran jasmani.

Penasaran? pribadi saja anda simak uraian dan penjelasannya di bawah ini, agar bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda!


Jenis - Jenis Latihan Beserta Istilah - Istilah Dalam Kebugaran Jasmani:
  1. Kebugaran jasmani yaitu kemampuan tubuh untuk melaksanakan kegiatan sehari tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan, sehingga tubuh masih bisa melaksanakan kegiatan serupa di keesokan harinya
  2. Kekuatan (strenght) yaitu kemampuan dalam mempergunakan otot untuk mendapatkan beban sewaktu bekerja. Contoh latihannya di antaranya squat jump, push up, sit up, angkat beban, back up, dll
  3. Daya tahan (Endurance) yaitu kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru, dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus. Contoh latihan untuk daya tahan yaitu lari 2,4 km. lari 12 menit. lari multi stage. lari naik turun bukit, dll
  4. Daya otot (Muscular Power) yaitu kemampuan seseorang dalam mempergunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu sependek-pendeknya. Contoh latihannya yaitu vertical jump, front jump, side jump, dll
  5. Kecepatan (speed) yaitu kemampuan seseorang untuk melaksanakan gerakan berkesinambungan dalam bentuk yang sama dalam waktu sesingkat-singkatnya.
  6. Daya elastis (Flexibility) yaitu efektifitas seseorang dalam mengikuti keadaan untuk segala aktifitas dengan penguluran tubuh yang luas. Contoh latihannya upperr Body Flexibility Exercisesm
  7. Kelincahan (Agility) yaitu kemampuan seseorang dalam mengikuti keadaan dengan posisi-posisi tubuh menyerupai dari depan ke belakang, atau dari kiri ke kanan. Salah satu pola olahraga yang mengandalkan kelincahan yaitu bulu tangkis, dan sepak bola.
  8. Koordinasi (Coordination) yaitu kemampuan seseorang dalam mengintegrasikan gerakan tubuh berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif. Kemampuan koordinasi tubuh sanggup dilatih dengan cara memantulkan bola pada tembok dengan ajudan dan menangkapnya kembali memakai tangan kiri.
  9. Keseimbangan (Balance) yaitu kemampuan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga sanggup mengendalikan gerakan tubuh dengan baik. Salah satu cabang olahraga yang mengandalkan kemampuan keseimbangan yaitu senam dan loncat indah.
  10. Ketepatan (Accuracy) yaitu kemampuan dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran. Sepak bola bowling, dan memanah merupakan cabang permainan olahraga yang mengandalkan ketepatan.
  11. Reaksi (Reaction) yaitu kemampuan seseorang dalam menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain. Bentuk latihan kebugaran jasmani untuk melatih ketepatan reaksi yaitu lempar tangkap bola
  12. Push Up yaitu Jenis latihan olahraga untuk menguatkan otot lengan atau tangan. Latihan ini di lakukan dengan posisi tubuh tengkurap dengan bertumpu pada tangan dan kaki.
  13. Sit Up yaitu Jenis latihan olahraga untuk menguatkan otot perut. Latihan ini di lakukan dengan posisi awal tidur terlentang yang di lanjutkan dengan menekuk tubuh ke depan atas secara berulang - ulang.
  14. Squat Jump yaitu jenis latihan untuk melatih otot tungkai/kaki. Dilakukan dengan cara loncat dan menekuk tungkai kaki secara bergantian.
  15. Back Up yaitu jenis latihan untuk melatih otot punggung. Di lakukan dengan posisi awal tidur tengkurap yang di lanjutkan dengan mengangkat tubuh setengah tubuh keatas secara berulang
  16. Pull Up yaitu jenis latihan untuk memperkuat otot lengan. Dilakukan dengan cara tangan bergelantungan di tiang palang penyangga yang di lanjutkan dengan mengangkat tubuh keatas melewati tiang penyangga.
  17. Zig – Zag Run yaitu latihan lari belak – belok
  18. Fartlex atau speed play yaitu suatu sistem training endurance, yang maksudnya yaitu untuk membangun, mengembalikan, atau memelihara kondisi tubuh seseorang (Harsono, 1988: 155).  Fartlek sebaiknya dilakukan di alam terbuka dimana ada bukit-bukit, semak belukar, selokan untuk dilompati, dan sebagainya. Fartlek biasanya dimulai dengan lari lambat-lambat yang lalu di variasi dengan sprint-sprint pendek yang intensif dan dengan lari jarak menengah dengan kecepatan yang konstan yang cukup tinggi, lalu diselingi dengan jogging dan sprint lagi, dan sebagainya, metode ini sebaiknya dilakukan pada persiapan, masa jauh sebelum pertandingan. Fartlek yaitu kerja pada tingkat aerobik, yaitu dimana pemasukan (supply) oksigen yang masih cukup untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan yang dilakukan oleh otot.
  19. Interval Trainning adalah suatu sistem atau metode latihan yang diselingi oleh interval-interval yang berupa masa-masa istirahat (Harsono, 1988: 157).
  20. Circuit training yaitu latihan kombinasi dari semua unsur latihan fisik yang di buat dalam bentuk pos – pos atau circuit. Latihan-latihannya sanggup berupa lari naik-turun tangga, melempar bola, shuttle run, banyak sekali bentuk weight training, dan sebagainya.

Itulah jenis dalam latihan kebugaran jasmani dalam dunia olahraga, agar bisa membantu wawasan anda wacana Olahraga
Advertisement

Iklan Sidebar