Info Terbaru 2022

Peraturan Posisi Offside Terbaru Dalam Sepakbola

Peraturan Posisi Offside Terbaru Dalam Sepakbola
Peraturan Posisi Offside Terbaru Dalam Sepakbola
Dalam permainan sepakbola, kita sering sekali mendengar istilah Off-side. Jika anda seorang pemain sepakbola atau pecinta sepakbola sejati tentu anda harus mengerti dan paham betul dengan istilah off-side ini. Secara umum posisi off-side mempunyai pengertian posisi ketika seorang pemain berada paling bersahabat dengan garis gawang lawan daripada bola dan pemain lawan terakhir kedua.

Peraturan posisi Off-side di atur dalam laws off the game FIFA no 11, dalam peraturan tersebut di jelaskan bahwa Off-side yaitu ketika seorang pemain tersentuh bola atau mendapatkan umpan bola dari rekan satu tim, dengan keadaan pemain tersebut berada mendahului pemain paling belakang dari tim lawan dan apabila pemain tersebut berada lebih bersahabat dengan garis gawang lawan sehabis kiper.


Ketika berada dalam posisi off-side, terdapat tiga hal pokok yang tidak sanggup dilakukan oleh seorang pemain, yaitu:

  1. Terlibat dalam permainan;
  2. Terlibat dengan seorang pemain lawan; dan
  3. Mendapatkan laba dengan berada di posisi off-side.

Pada Tahun 2013 FIFA melaksanakan Sidang IFAB di Edinburgh, karenanya FIFA melaksanakan sebuah perubahan pada peraturan Off-side ini. Salah satunya yaitu dengan menambahkan istilah "deliberate play" dalam keterangan poin perihal "mendapatkan laba dengan berada di posisi off-side".
A player in offside position receiving the ball from an opponent, who deliberately plays the ball (except from a deliberate save), is not considered to have gained an advantage.
Secara harfiah, keterangan itu menjelaskan bahwa "seorang pemain yang berada dalam posisi off-side ketika mendapatkan bola dari lawan, yang dengan sengaja memainkan bola (kecuali ketika melaksanakan penyelamatan), tidak dihitung memperoleh sebuah keuntungan".

Terperangkap tidaknya seorang pemain dalam posisi off-side sangat di tentukan oleh kejelian dari seorang hakim garis. Karena off-side bukan merupakan sebuah pelanggaran, maka aneka macam tim - tim yang memakai peraturan off side ini sebagai seni administrasi permainannya baik itu ketika mereka bertahan ataupun ketika menyerang.

Itulah sekilas perihal peraturan Off-side terbaru dalam permainan sepakbola, biar sanggup menambah wawasan anda.
Advertisement

Iklan Sidebar