Info Terbaru 2022

Apa Itu Internet? Pengertian Jaringan Internet Berdasarkan Para Hebat Teknologi Informasi

Apa Itu Internet? Pengertian Jaringan Internet Berdasarkan Para Hebat Teknologi Informasi
Apa Itu Internet? Pengertian Jaringan Internet Berdasarkan Para Hebat Teknologi Informasi
Apa Itu Internet? Sudah tahukah anda apa pengertian internet atau definisi dari jaringan internet itu? Mungkin sobat Netter masih ada yang belum tahu setrik lengkap apa bahu-membahu arti dari internet tersebut.

Nah via blog eNetter ini akan kami uraikan wacana definisi internet setrik umum dan berdasarkan para jago teknologi informasi.

1. Menurut Situs Wikipedia Indonesia

Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. Setrik harfiah internet yaitu sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung mengfungsikan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung setrik global dan mengfungsikan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Terdapat dua bentuk kanal Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, menyerupai negara berkembang dimana kanal Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah.

Lainnya sekitar 42% dari kanal Internet melalui kemudahan Public Internet Access menyerupai warnet , cybercafe, hotspot (WiFi) dll. Tempat umum lainnya yang sering dimengenakan untuk kanal Internet yaitu di kampus dan di kantor.

Disamping mengfungsikan PC (Personal Computer), kita juga sanggup mengakses Internet melalui Handphone (HP), PDA, iPad atau PC Tablet mengfungsikan kemudahan yang disebut 3G atau GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang mekepunyaani kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS sanggup diakses yang mendukung kemudahan tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang difungsikan. Biaya kanal Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.

t atau definisi dari jaringan internet itu Apa Itu Internet? Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli Teknologi Informasi

2. Pengertian Internet Menurut Para Ahli / Pakar

• Pengertian berdasarkan seorang pakar internet asal Indonesia, Onno W. Purbo menjelaskan bahwa Internet dengan banyak sekali aplikasinya menyerupai Web, VoIP, E-mail intinya merupakan media yang difungsikan untuk mengefesiensikan proses komunikasi. (Prihatna, 2005, p7).

• Menurut tim penelitian dan pengembangan wahana komputer (2005, p4), Internet yaitu metode untuk menghubungkan banyak sekali komputer ke dalam satu jaringan global, melalui protokol yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP).

• Menurut Lani Sidharta (1996) : walaupun setrikfisik Internet yaitu interkoneksi antar jaringan komputer namun setrik umumInternet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalahinformasi, sanggup dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimediayang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalambentuk lain (maya) alasannya yaitu hampir seluruh aspek kehidupan di dunia kasatmata ada diInternet menyerupai bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.

• Drew Heywood (1996) menunjukan : sejarah Internetbermula pada simpulan dekade 60-an ketika United States Department of Defense (DoD)memerlukan standar gres untuk komunikasi Internetworking. Yaitu standar yangmampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer kepunyaankontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringanini harus kuat, kondusif dan tahan kerusakan sehingga bisa beroperasi didalamkondisi minimum tanggapan peristiwa atau perang.

• Definisi berdasarkan strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8) Internet yaitu seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer-komputer dalam jaringan ini menyimpan file, menyerupai halaman web, yang sanggup diakses oleh seluruh jaringan komputer.

• Menurut O'Brien (2003, p10) Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berafiliasi dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.

• Menurut Allan (2005, p12) internet yaitu sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung setrik fisik dan mekepunyaani kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol yaitu spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas, maka sanggup kita simpulkan bahwa internet adalah suatu jaringan komunikasi antara komputer yang besar, meliputi seluruh dunia dan berbasis pada sebuah protokol yang disebut TCP / IP. Selain itu, internet sanggup disebut sebagai sumber daya gosip yang sanggup difungsikan oleh seluruh dunia dalam mencari informasi.

Itulah bro/sis ulasan lengkap wacana apa itu jaringan internet atau definisi / pengertian internet berdasarkan Wikipedia dan beberapa para ahli yang berhasil kami kutip dari banyak sekali sumber.

Agar sanggup mengakses internet sehabis berlangganan dengan Internet Service Provider (ISP) diharapkan perangkat lunak (software) berpaham browser internet. Ada beberapa browser yang terkenal di jagad maya menyerupai Mozilla Firefox, Google Chrome, IE, Opera, Safari, dll. Silahkan anda download dulu jikalau belum punya.

Baca juga: pengertian komputer, sejarah internet di dunia & sejarah internet di Indonesia | wallpaper windows 8 | trik download video youtube dengan cepat dan ringannya.
Advertisement

Iklan Sidebar